Jumat, 04 Maret 2011

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Peluang Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI IPA MA Mualimat NW Pancor Lombok Timur NTB

eningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Peluang Melalui
Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI IPA MA Mualimat NW
Pancor Lombok Timur NTB

Improving of the Understanding of Mathematics in Probability Concept
at The XI IPA Student of MA Mualimat NW Pancor
Lombok Timur NTB

Oleh:
Eni Titikusumawati
Atikaturahmaniah
Sahlan

Didanai Oleh:
Hibah Penelitian Tindakan Kelas
P2TK dan KPT Dirjend Dikti


Abstract: The problem which is investigated in this research is the implementation of the contextual approach of the mathematics in class XI IPA MA Muallimat NW Pancor is not optimal yet, that caused the lowness of study result. The subject of this research is the students of class XI IPA MA Muallimat NW Pancor East Lombok NTB. The implementation of this research is conducted in the form of model design implementation. In several cycles stimulatingly each cycle is the basic to revise the next cycle.
There were 3 cycle implemented during 8 months, it’s known that in the third cycle (the last) the evidence has shown that there was an optimal change relate to the indicator of the success ness is 75% the students get the grade over 6,5. The result of the evidence showed that in the cycle I, 55.5% students, cycle II 68.8% students, cycle III 88.8% the students get the grade over 6.5.
This showed that there is significant improvement from cycle to cycle. Therefore the use of contextual approach can improve the study result of the students.

Key Word: Contextual Teaching and Learning Approach, Study Result


PENDAHULUAN
Belajar merupakan pemrosesan informasi oleh siswa. Prosesnya melalui persepsi, penyimpanan informasi, dan pemanfaatan kembali informasi tersebut untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Belajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna atau pemahaman. Dengan demikian guru, perlu memberikan dorongan kepada siswa untuk menggunakan otoritasnya dalam membangun gagasan. Selain itu seorang guru bertanggung jawab pula untuk ‘menciptakan’ situasi yang mendorong prakarsa, motivasi, dan tanggung jawab siswa untuk belajar sepanjang hayat.

Berdasarkan uraian di atas jelas terlihat bahwa siswa merupakan ‘aktor utama’ dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain pemahaman konsep siswa terhadap mata pelajaran tergantung sepenuhnya pada diri siswa, mereka harus dapat memanfaatkan situasi yang diciptakan guru yang berperan sebagai fasilitator. Guru sebagai fasilitator mutlak harus menguasai metode/teknik pembelajaran yang efektif, efisien dan tepat sasaran.

Penentuan metode/teknik mengajar yang akan digunakan harus senantiasa diawali dari situasi real (nyata) di dalam kelas. Bila situasi dan suasana di dalam kelas berubah maka metode/tekhnik mengajar pun juga harus berubah. Karena itulah seorang guru sebagai ”pengendali” kegiatan belajar mengajar di dalam kelas harus menguasai dan tahu kelebihan dan kekurangan beberapa macam metode pengajaran dengan baik, sehingga guru mampu memilih dan menerapkan metode pengajaran yang dinilai paling efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Perubahan situasi dan tujuan pembelajaran di dalam kelas memerlukan kepekaan guru, artinya seorang guru harus mampu mendiagnosis masalah yang muncul dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Selain itu guru juga dituntut mampu menganalisis dan mendeskripsikan penyebab dari masalah tersebut serta mampu memilih metode yang paling tepat untuk digunakan memecahkan masalah tersebut.
Dalam penelitian ini peneliti berusaha berangkat dari hal-hal yang telah diuraikan di atas. Lokasi penelitian dipilih MA Mualimat NW Pancor dengan pertimbangan sekolah ini merupakan sekolah binaan STKIP Hamzanwadi Selong, selain itu sekolah ini termasuk sekolah dalam kelompok kategori sekolah dengan kualitas menengah menuju rendah, sehingga peneliti beranggapan banyak permasalahan-permasalahan pembelajaran yang mendesak untuk segera dipecahkan di sekolah ini.

Karena lokasi penelitian berada pada sekolah menengah (MA Mualimat NW Pancor) dimana peneliti utama tidak mengetahui secara real (nyata) permasalahan yang muncul di dalam kelas selama pembelajaran, untuk itu peneliti perlu melibatkan beberapa guru matematika MA Mualimat NW Pancor sebagai mitra sejajar dalam penelitian ini. Untuk itu peneliti perlu melakukan kunjungan awal ke sekolah tersebut guna mencari masukan tentang permasalahan-permasalahan pembelajaran matematika yang sering muncul di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil kunjungan awal tersebut disepakati bersama bahwa permasalahan pembelajaran matematika yang segera ditangani difokuskan pada siswa kelas XI terutama pada kelas XI 1 karena kelas ini dinilai paling “bermasalah’ bila dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain. Setelah dipilih kelas XI 1 dosen sebagai peneliti utama melakukan wawancara sejajar dengan guru matematika kelas tersebut sebagai anggota peneliti mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran, selain itu dosen (peneliti utama) juga mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas selama beberapa kali pertemuan, untuk melihat kondisi sebenarnya di dalam kelas. Berdasarkan pengamatan langsung di dalam kelas dan wawancara dengan guru dan siswa. Dosen bersama guru sebagai tim peneliti mendiagnosis bersama permasalahan-permasalahan yang muncul selama proses pembelajaran di dalam kelas serta menganalisis akar masalahnya serta mencoba sharing ide guna mencari alternative pemecahan masalah yang dianggap paling tepat, efektif dan efisien.

Dari hasil kegiatan observasi awal dan wawancara dengan guru pengajar matematika yang telah disebutkan di atas, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mempunyai kelemahan yang hampir sama yaitu, (1) sebagian besar siswa mempunyai nilai yang sangat rendah untuk bidang studi matematika khususnya materi peluang (2) siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan ide-ide pokok matematika, data ini ditunjang dengan nilai hasil belajar matematika siswa yang cenderung sangat rendah, (3) Siswa kurang termotivasi untuk belajar matematika khususnya konsep peluang, (4) siswa cenderung berlaku multiple D (datang, duduk, dengar, diam) sehingga kegiatan pembelajaran di dalam kelas cenderung pasif dan berlangsung satu arah (teacher centre), (5) siswa cenderung bersifat individual kurang bisa bekerja dalam kelompok (team work).

Kelima kelemahan siswa di atas berdasarkan hasil diskusi dosen dengan guru diduga berasal dari akar masalah sebagai berikut; (1) pada umumnya sebagian besar guru baik pada sekolah dasar maupun menengah lebih menekankan pada strategi pembelajaran teacher centre yaitu strategi yang menekankan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga hal ini menyebabkan tidak “teraktifkannya” potensi dan kemampuan siswa dengan maksimal, siswa hanya sebagai pendengar, seperti botol kosong yang dituangi air. Hal ini menyebabkan siswa menjadi cenderung pasif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, selain itu hal ini akan mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah, karena mereka kurang dilibatkan dalam membangun konsep sendiri (2) materi pelajaran yang cenderung hafalan menyebabkan siswa tidak tahu relevansi materi pelajaran yang ia pelajari dengan kehidupan sehari-harinya sehingga materi pelajaran hanya ada dalam angan-angan (utopia) tanpa bisa diterapkan dalam dunia nyata dan kehidupan sehari-hari mereka, sehingga motivasi siswa untuk ”tahu” menjadi menurun. (3) model pembelajaran yang klasikal kurang menekankan bekerja dalam kelompok hal ini pada giliranya akan menyebabkan siswa kurang terampil bekerja dalam kelompok. Atau seandainya mereka bekerja dalam kelompok biasanya hanya bekerja dalam kelompok yang anggotanya mereka pilih sendiri atau anggotanya dipilihkan oleh guru secara acak tanpa mempertimbangkan keheterogenan siswa.

Pada gilirannya ketiga akar masalah di atas akan mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika khususnya konsep peluang siswa MA Mualimat NW Pancor. Oleh sebab itu ketiga permasalahan ini mendesak untuk secepatnya dipecahkan oleh guru.

Berdasarkan diagnosis dan akar masalah dari kelemahan siswa MA Mualimat NW Pancor di atas, maka dosen dan guru mendiskusikan langkah-langkah pemecahan masalah yang dianggap paling tepat yaitu; untuk mengatasi permasalahan rendahnya motivasi, hasil belajar, kurang terampilnya siswa berkomunikasi (bekerja sama dalam team work), kecenderungan siswa berlaku pasif dalam kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan hasil diskusi antara dosen dan guru (tim peneliti), salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu perlu adanya strategi pembelajaran yang lebih banyak ‘memberdayakan’ siswa (strategi pembelajaran yang student centre), serta strategi pembelajaran yang tidak hanya ‘urusan’ transfer ilmu pengetahuan belaka, tetapi juga memperhatikan relevansi matakuliah terhadap kehidupan sehari-hari siswa, sehingga motivasi siswa dalam belajar menjadi lebih meningkat. Selain itu pembelajaran ini juga harus mampu melatih siswa belajar dalam team work. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dianggap mampu mengatasi semua kelemahan siswa di atas adalah pembelajaran kontekstual.

Dipilihnya pembelajaran kontekstual untuk memecahkan masalah di atas, karena pembelajaran kontekstual telah teruji keunggulannya baik terhadap hasil belajar maupun terhadap aspek lain seperti psikomotorik dan afektif. Hal tersebut didukung hasil penelitian yang dilakukan oleh Mamengko (2002) yang menyimpulkan bahwa pendekatan kontekstual memungkinkan peserta didik terlibat secara langsung dalam memahami konsep-konsep mata pelajaran, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perserta didik yang meliputi pengetahuan (produk), respon siswa dalam proses pembelajaran (proses) dan kinerja, serta kerja sama dalam kelompok.

Hal senada juga juga dinyatakan oleh Susilo (2001) yang menyatakan bahwa melalui pembelajaran kontekstual peserta didik dapat berlatih menekankan keterampilan berfikir tingkat tinggi, transfer pengetahuan lintas disiplin akademik, berlatih mengumpulkan, menganalisis, mensintesis informasi dan data dari berbagai sumber, dan dari berbagai sudut pandang. Selain itu menurut Nurhadi (2002) pembelajaran kontekstual membantu pendidik dan peserta didik mengkaitkan konten (isi) mata pelajaran dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, hal ini tentunya akan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang ia dapatkan di kelas dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Pada gilirannya hal ini akan menyebabkan pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik sehingga secara langsung akan berkorelasi terhadap hasil belajarnya.
Berdasarkan uraian di atas sebagai upaya meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran pada siswa MA Mualimat NW Pancor Lombok Timur NTB khususnya siswa kelas XI IPA peneliti merasa perlu melakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Peluang Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas XI 1 MA Mualimat NW Pancor Lombok Timur

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dal upaya memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA MA Mualimat NW Pancor Kabupupaten Lombok Timur propinsi Nusa Tenggara Barat.

Dengan adanya penelitian ini temuanya diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa terutama dalam mengeleminasi kesulitan dalam belajar matematika, karena pemebalajaran ini secara teoritis dapat menumbuhkan minat belajar dan kebermaknaan belajar, sedangkan bagi guru temuan penelitian ini diharapakan sebagai bahan masukan mengenai model dan strategi pembelajaran kontekstual yang ideal, sehingga pada akhirnya diharapakan dihasilkan perbaikan mutu pengajaran di sekolah.

PROSEDUR PELAKSANAAN PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research), Dalam rancangan penelitian ini sejumlah 45 siswa kelas XI IPA MA Mualimat NW Pancor ditetapkan sebagai subjek penelitian. Penentuan kelas ini ditentukan berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal antara peneliti dengan guru bidang studi matematika dan kepala sekolah. Dimana berdasarkan hasil observasi awal tersebut didapatkan data bahwa permasalahan pembelajaran matematika yang harus segera dipecahkan adalah dikelas XI IPA. Pada kelas ini dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual yang diperkuat (dikelola) dengan model pembelajaran 4E Martin (Eksplorasi, Eksplansi, Ekspansi, dan Evaluasi).

Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penelitian ini terdiri dari (1) daftar chek pembelajaran kontekstual, (2) daftar chek pembelajaran 4E, (3) daftar asesment partisipasi siswa, (4) Format umpan balik siswa terhadap pembelajaran, dan (5) test hasil belajar. Semua instrumen di atas sebelum digunakan dilakukan ujicoba kepada mahasiswa bukan responden yang mempunyai kemiripan dengan responden untuk mengetahui validitas instrumen, reliabilitas instrumen, tingkat kesukaran soal, dan daya beda soal. Setelah didapatkan instrumen yang valid dan reliabel instrumen siap digunakan untuk menjaring data.
Implementasi penelitian ini direncanakan dalam bentuk implementasi rancangan model pada beberapa siklus yang terkait secara simultan. Setiap siklus merupakan dasar bagi perbaikan siklus berikutnya. Selama 8 bulan dilaksanakan 3 siklus, setiap siklus dengan rincian tahapan kegiatan sebagai berikut;

Tahap Perencanaan
Pada tahap ini langkah-langkah yang ditempuh ialah;
a.pemberian pembekalan kepada guru bidang studi tentang implementasi pembelajaran kontekstual di dalam kelas, b.peneliti utama (dosen) bersama-sama anggota peneliti (guru) menentukan tujuan pembelajaran,
c.Peneliti utama (dosen) bersama-sama anggota peneliti (guru) merancang dan menyusun desain/scenario pembelajaran kontekstual yang memungkinkan siswa memahami sub pokok bahasan I dengan menggunakan model skenario pembelajaran konstruktivisme 4 E oleh Martin, penyusunan skenario pembelajaran dilandasi oleh tujuh (7) komponen pembelajaran kontekstual (inquiry, konstruktivisme, bertanya, modelling, learning comunity, refleksi, autentic assesment), d.Peneliti utama (dosen) bersama-sama anggota peneliti (guru) menyiapkan alat peraga, bahan/alat praktik dan lembar kerja (work sheet) siswa yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran, e.Menyiapkan lembar observasi yang akan digunakan oleh pengamat pada saat pelaksanaan tindakan (lembar observasi ini meliputi daftar chek list pembelajaran kontekstual dan lembar chek list pembelajaran 4 E oleh Martin (eksplorasi, ekplanasi, ekspansi, evaluasi), daftar chek list aktivitas siswa selama pembelajaran, serta angket umpan balik kegiatan pembelajaran oleh siswa sebagai objek penelitian), selain itu pula disiapkan alat-alat pengumpul data yang lain seperti kamera, catatan anecdot untuk mencatat temuan-temuan penelitian yang tidak ter-cover oleh lembar observasi standard sebelumnya, f.Anggota peneliti (guru) melakukan microteaching (simulasi) dengan observer peneliti utama (dosen) dengan melibatkan paling sedikit satu guru yang lain selain anggota peneliti guna memperoleh ‘model’ pembelajaran kontekstual yang dianggap paling tepat sebelum dilaksanakan dalam tahap pelaksanaan tindakan di dalam kelas.

Tahap Pelaksanaan Tindakan
Pada tahap ini langkah-langkah yang ditempuh ialah;
a.guru dibantu dosen mengadakan pre tes, b.guru memberi motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan secara lisan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan untuk mengeksplorasi bekal awal siswa dalam belajar, dosen dan anggota peneliti yang lain berperan sebagai pengamat, c.guru memberi penjelasan singkat tentang kegiatan yang akan dilakukan, dosen dan anggota peneliti yang lain sebagai pengamat, d.guru membagi kelas atas beberapa kelompok siswa secara heterogen (baik dalam hal kemampuan, jenis kelamin, suku, agama, dll) (5 orang siswa), dosen dan anggota peneliti yang lain berperan sebagai pengamat, e.guru membagikan work sheet (lembar kerja) dan alat peraga dan bahan yang berisi tentang serangkaian kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk menemukan sendiri ‘pola’ kemunculan (peluang) sebuah kejadian (misalnya peluang munculnya salah satu sisi mata uang logam, dan lain-lain) kepada masing-masing kelompok, dosen dan anggota peneliti yang lain berperan sebagai pengamat, f.siswa melakukan kegiatan secara berkelompok sesuai petunjuk work sheet tersebut, guru, anggota peneliti yang lain dan dosen membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa selama kegiatan tersebut, g.Setelah melakukan kegiatan berkelompok, siswa mendiskusikan hasil temuan pekerjaannya di kelas. Dosen dan anggota peneliti yang lain berperan sebagai pengamat, guru membimbing diskusi siswa, h.Guru membimbing diskusi siswa dalam menemukan ‘pola/ rumus’ yang efektif dan efisien untuk mengerjakan sebuah, permasalahan konsep peluang, dosen dan anggota peneliti yang lain berperan sebagai pengamat, i.Guru membimbing siswa menarik kesimpulan materi yang dipelajari, dosen dan anggota peneliti yang lain berperan sebagai pengamat
j.Sebagai tindakan ekspansi (pemantapan) guru membimbing siswa mengkaitkan konsep yang baru ia pelajari dengan kehidupan nyata sehari-hari siswa yang berkaitan dengan konsep peluang.
k.Guru meminta siswa mengadakan refleksi (penilaian diri) terhadap pelajaran yang baru dipelajari dengan mengisinya pada jurnal belajar yang telah disiapkan oleh siswa sebelumnya, serta memberikan masukan mengenai perbaikan pembelajaran untuk pertemuan yang baru saja dilaksanakan dengan cara mengisi angket umpan balik siswa mengenai kegiatan belajar mengajar yang baru dialami oleh siswa, l.Guru dan dosen mengadakan tes untuk materi siklus I

Tahap Pengamatan
Pada tahap ini langkah-langkah yang ditempuh ialah;
a.Selama proses pembelajaran berlangsung, peneliti mengadakan pengamatan terhadap kinerja siswa dengan menggunakan pedoman observasi aktifitas siswa yang dibuat terlebih dahulu oleh ketua peneliti bersama dengan guru (semua anggota peneliti). Temuan-temuan yang tidak ter-cover dalam lembar observasi ditulis dalam catatan anecdot. Peneliti utama (dosen) dan guru yang lain (anggota peneliti yang lain) mengadakan pengamatan terhadap aktivitas siswa melalui lembar observasi aktivitas siswa, juga mengamati pengajaran guru dengan menggunakan format chek list pengajaran kontekstual dan format chek list 4E Martin yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini berguna untuk memberikan masukan perbaikan pembelajaran guru untuk silkus selanjutnya, b.Semua team peneliti (dosen dan guru) mengadakan pemantauan terhadap semua kegiatan siswa selama pembelajaran, c.Semua anggota peneliti (guru dan dosen) merangkum hasil tes dan hasil observasi yang dilakukan pada siklus I untuk memudahkan dalam merefleksi tindakan.

Tahap Refleksi Tindakan
Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus I, peneliti utama bersama guru (semua anggota peneliti) mengkaji dan membahas hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan berdasarkan standard keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya (pengajaran dikatakan berhasil apabila 75% dari seluruh siswa mendapat nilai 6,5 ke atas). Bila ditemukan kendala-kendala dan permasalahan-permasalahan, maka semua anggota peneliti berdasarkan hasil pengamatan (observation) yang telah dilakukan selama pelaksanaan tindakan mencoba sharing ide untuk mencari solusi pemecahan permasalahan-permasalahan tersebut, kemudian solusi-solusi tersebut akan dijadikan dasar dari revisi perbaikan-perbaikan pembelajaran di dalam kelas yang kemudian hasil revisi perbaikan-perbaikan ini akan dituangkan dalam perencanaan tindakan untuk siklus berikutnya.
Keseluruhan data yang telah diperoleh, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Proses analisis data secara kualitatif, sebagaimana dikemukakan Muhajir (1990) dilakukan berdasarkan analisis perbandingan data hasil yang terhimpun yang disimpulkan secara induktif-konseptual, dengan memperhatikan tahapan reduksi data, pengorganisasian atas data, dan interpretasi data. Data hasil keseluruhan siklus disusun dan ditabulasikan sesuai dengan tingkat ketercapaian indikator kinerja yang telah ditetapkan. Pada tahap ini peneliti akan memilah data sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Data yang telah dipilah, kemudian dideskripsikan sehingga dapat bermakna dan mudah dipahami. Hasil deskripsi disimpulkan dan disesuaikan dengan indikator kinerja penelitian.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan penggunaan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran dimana pengelolaan pembelajarannya dengan menggunakan model 4E oleh martin. Selama pembelajaran peneliti berusaha mengacu kepada pemenuhan tujuh komponen pembelajaran kontekstual (konstruktivisme, inkuiri, learning comunity, modeling, questioning, refleksi dan autentic asessment) yang dintegrasikan dalam tahap-tahap pembelajaran 4E (eksplorasi, eksplanasi, ekspansi, evaluasi). Hasil dari pelaksanaan tiap siklus dipaparkan sebagai berikut;

Siklus I
Siklus I berlangsung selama 6 x 45 menit yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Pada pertemuan 1 dengan materi Kaidah Pencacahan, suasana kelas tampak belum terbiasa dengan pola belajar secara kelompok, apalagi proses diskusi dan presentasi. Hal ini disebabkan pelajaran matematika sangat jarang dijadikan pembelajaran secara kelompok apalagi kemudian dipresentasikan. Siswa masih banyak yang bersikap pasif, hanya 2 kelompok saja yang tampaknya bisa mengutarakan pendapat dengan baik karena 2 kelompok tersebut masing-masing ketua kelompoknya adalah siswi terpandai di kelas.

Hal yang mengejutkan terjadi pada pertemuan ke-2, dengan materi definisi dan notasi faktorial. Hampir 70% siswi sudah mulai bisa mengikuti jalannya diskusi baik pada masing-masing kelompok maupun pada diskusi kelas. Kerjasama kelompok juga mulai bisa berjalan. Hal ini kemungkinan disebabkan karena guru mengubah sistem penilaian, yaitu ada nilai bonus yang diberikan kepada kelompok yang memperoleh rata-rata nilai minimal 7,5. Dari nilai pre tes diperoleh ada 2 kelompok yang memperoleh nilai masih di bawah SKBM.

Pada pertemuan ke-3, agar hasil yang diperoleh semakin baik, guru membagi adanya kelompok ahli, yang terdiri dari ketua dari masing-masing kelompok dan kelompok besar yang tersiri dari anggota masing-masing kelompok. Kelompok ahli ini bertugas sebagai tutor sebaya, untuk mengantisipasi adanya siswi yang kurang bisa mengutarakan permasalahn yang dihadapi kepada gurunya. Diharapkan jika mereka bertanya dan dijelaskan oleh teman sebayanya sendiri mereka tidak ada rasa ‘sungkan’ lagi.

Hasil pos tes yang diadakan setelah pertemuan 3 diperoleh 51,5% siswi memperoleh nilai 6,5 dan dinyatakan mereka sudah tulntas belajar, sedangkan sisanya mendapat nilai di bawah 6,5 sehingga mereka dinyatakan belum tuntas belajar. Masih ada sekitar 48,9% siswi yang belum tuntas, dan siswi inilah yang nantinya harus mendapat perhatian lebih dari guru pada pembelajaran siklus II. Guru menyarankan agar semua tugas bisa selesai tapat pada waktunya, siswi harus membagi tugas dalam kelompoknya masing-masing, sehingga semua anggota kelompok bisa bekerja dengan baik.

Siklus II
Terdapat 13 siswi yang dinyatakan belum tuntas pada siklus I, ke-13 siswi ini dibagi menjadi 3 kelompok dan diletakkan sebagai kelompok 1, 2, dan3 dengan masing-masing ketua kelompoknya diambil dari ketua kelompok dengan nilai rata-rata tertinggi. Pertemuan 1 membahas tentang permutasi siklis. Sebelum masuk pada materi pelajaran guru mengadakan pre tes untuk materi permutasi, tujuannya selain untuk mengetahui tingkat pemahaman siswi terhadap materi permutasi juga karena materi selanjutnya masih berkaitan erat dengan permutasi. Siswi bersimulasi dalam masing-masing kelompoknya. Secara teorei semua siswi bisa menghitung banyaknya permutasi siklis menggunakan rumus (n-1)!, kesulitannya adalah menentukan macam-macam susunan yang ada. Dengan diskusi dan tanya jawab aktif siswi dibimbing untuk menemukan sendiri jawabannya.

Materi kombinasi dimulai guru dengan mendemonstrasikan cara mencampur car warna merah dan hijau. Dengan susunan: MERAH kemudian HIJAU dan susunan HIJAU kemudian MERAH, siswi diminta melihat apa warna campuran yang dihasilkan. Tujuan dari demonstrasi ini adalah agar siswi bisa menentukan perbedaan antara permutasi dan kombinasi, untuk selanjutnya siswi melakukan percobaan pada kelompoknya masing-masing.

Muncul pertanyaan pada pertemuan ketiga diantaranya ‘cara menentukan ruang sampel dan peluang kejadiannya jika yang dilempar lebih dari 1 koin’ jawaban muncul dari kelompok 1 bahwa jika lebih dari 1 koin yang dilempar, maka ruang sampelnya adalah semua kemungkinan sisi dari 2 koin yang bisa muncul.

Hasil pos tes pada siklus II diperoleh 68,8% siswi mendapat nilai di atas 6,5, jadi sekitar 31 siswi dinyatakan tuntas belajar. Sedang sisanya masih dinyatakan belum tuntas belajar. Guru memberikan tugas baru pada seluruh siswi untuk merangkum materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya, dari sini diharapkan siswi sudah benar-benar membaca dan tahu intisari dari apa yang dipelajari.

Siklus III
Siswi yang belum tuntas pada siklus II masih ada sekitar 14 siswi, terlalu besar jika dijadikan dalam 1 kelompok. Oleh karena itu mereka dikelompokkan dalam 2 kelompok dengan ketua kelompok tetap diambil dari kelompok dengan rata-rata tertinggi. Ada 3 materi yang akan dipelajari pada pertemuan 1, 2, dan 3 masing-masing adalah: peluang komplemen, aturan penjumlan peluang, dan aturan perkalian peluang.

Mungkin disebabkan semua siswi sudah terbiasa bekerja dalam kelompok dan juga sudah terbiasa mengeluarkan pendapat jadi muncul banyak pertanyaan baik pada pertemuan 1, 2, maupun 3. Pertanyaan diantaranya ‘ apakah hubungan antara peluang suatu kejadian dengan komplemennya?’, di awal pertemuan guru mengingatkan kembali siswi pada materi himpunan yang digambarkan dengan diagram Venn. Setelah siswi ingat kembali baru dihubungkan dengan materi peluang komplemen.

Jawaban pertanyaan muncul dari kelompok IV, mereka memisalkan dengan kejadian pelemparan sebuah dadu. Pada pelemparan sebuah dadu ruang sampel yang dihasilkan adalah {1, 2, 3, 4, 5, 6}, jika A adalah kejadian yang menyatakan peluang munculnya mata dadu genap maka anggotanya adalah {2, 4, 6}. Komplemen dari A dinotasikan dengan A’, berarti anggota dari A’ adalah {1, 3, 5}. Karena jawaban sudah benar guru tinggal memberikan penegasan saja.

Pertemuan 2 siswi melakukan percobaan dengan media seperangkat kartu bridge atau kartu remi dengan panduan LKS yang sudah dibagikan. Guru tetap mendampingi dan perhatian terutama pada kelompok 1 dan 2 yang ternyata mengalami peningkatan yang pesat.

Pertemuan ketiga diawali tetap dengan pemberian motivasi dan penyajian fenomena-fenomena yang relevan dengan materi pembelajaran. Di mana materi pada pertemuan tiga adalah aturan perkalian peluang.Ada kelompok yang bertanya ‘bagaimana menbedakan antara pengambilan dengan pengembalian dan pengambilan tanpa pengembalian terhadap hasil akhirnya’, ‘apa yang dimaksud dengan kejadian saling bebas’, dan ‘Apakah hubungan bentuk P(A) x P(B) dengan bentuk ’.

Munculnya banyak pertanyann disebabkan karena tingkat kompleksitas pada materi cukup tinggi, oleh karena itu siswi merasa sulit untuk memahaminya. Kelompok 1 mencoba menjawab pertanyaan kedua dan jawabannya bahwa kejadian akan saling bebas jika munculnya kejadian pertama tidak mempengaruhi munculnya kejadian kedua. Sedangkan jawaban pertanyaan nomor 1 datang dari kelompok V yaitu jika pengambilan dengan pengembalian maka hasil pengambilan pertama tidak akan mempengaruhi hasil pengambilan yang kedua, sedangkan jika pengambilan tanpa pengembalian maka anggotanya akan berkurang sehingga mempengaruhi hasil pengambilan berikutnya. Jawaban pertanyaan ketiga dari kelompok 2, bahwa antara bentuk dan bentuk P(A) x P(B) ada hubungan persamaan yang berbentuk = P(A) x P(B).

Guru menegaskan bahwa semua jawaban sudah benar dan kerjasama kelompok seluruh kelas sudah bagus, guru menambahkan jawaban berupa contoh untuk pertanyaan nomor 2. Misalkan percobaan melempar 2 buah dadu, peluang munculnya mata dadu 4 pada dadu pertama tidak akan mempengaruhi peluang munculnya mata dadu 3 pada dadu kedua. Sedangkan jawaban yang lain sudah benar, jawaban pertanyaan nomor 3 bahwa ada hubungan persamaan untuk bentuk = P(A) x P(B) dan bahwa antara kejadian A dan B adalah dua kejadian yang saling bebas.

Tingkat ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus III mencapai 88,8% atau sebanyak 40 orang siswa dari 45 siswa memperoleh nilai di atas 65. Hasil ini berarti lebih besar dari syarat yang ditentukan yaitu 75% dari jumlah total kelas. Hanya 12,2 % siswa yang belum tuntas, dan itupun nilai yang dicapai oleh mereka di atas 50. Karena ketuntasannya sudah mencapai lebih dari 75% maka proses pembelajaran ini sudah dianggap berhasil.

PEMBAHASAN
Hasil analisis pada setiap siklus menunjukkan ada kemajuan tentang hasil belajar konsep peluang oleh siswa kelas XI IPA MA Mualimat NW Pancor Kabupaten Lombok Timur NTB. Hal ini terlihat pada perolehan hasil pos tes siswa dari siklus I, siklus II, dan siklus III yang telah diuraikan pada sub bab paparan data hasil penelitian sebelumnya. Bila dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal berarti bila telah terdapat 75% (penentuan ini berdasarkan SKBM dimusawarahkan dengan siswa dengan mempertimbangkan faktor esensial, kompleksitas, sarana dan prasarana, dan intake siswa). Merujuk pada ketentuan tersebut pada setiap siklus, ketuntasan belajar klasikal sebesar 51,5% pada siklus I, 68.8% pada siklus II, dan 88,8% pada siklus III.

Dari data tersebut di atas terdapat peningkatah hasil belajar konsep peluang yang cukup baik. Peningkatan ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA MA Mualimat NW Pancor Lombok Timur NTB.

Hasil temuan ini dapat dijelaskan sebagai berikut; pembelajaran kontekstual memungkinkan siswa memperoleh dan mengkonstruksi sendiri konsep dengan diajak melakukan dan menemuka sendiri konsep (menemukan matematika dengan berbuat matematika) selain itu pengaitan konsep baru dengan konsep lama yang dimilki oleh siswa ditenggarai membantu siswa mengendapkan konsep lebih lama dalam memori jangka panjang mereka. Seperti dijelaskan oleh (Dahar, 1988) bahwa beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru (baca dosen) untuk membantu mahasiswanya menyimpan konsep dalam memori jangka panjang dengan cara (1) pengulangan, (2) preposisi, yaitu mata pelajaran dipahami sebagi gagasan penting, (3) bayangan imagery, mata pelajaran akan disimpan dalam memori jangka panjang jika mata pelajaran tersebut dicari dan dilakukan sendiri oleh siswa untuk mencari bayangan mental secara konkret, (4) produksi, (5) mengaitkan informasi baru dengan informasi lama. Temuan ini sejalan dengan pendapat Corebima (2002) yang mengemukkan bahwa dengan pendekatan kontekstual memungkinkan peserta didik memperkuat, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan akademik.

Menurut De Lange dalam (Nur 2001) ada dua aspek penting dari pembelajaran matematika yaitu; pertama menekankan pada pengalaman konkret untuk mevalidasi dan menguji konsep matematika abstrak, aspek kedua menekankan pada aspek umpan balik selama pembentukan gagasan matematika (lihat Gambar 2 pada Bab 2 sebelumnya). Pendapat serupa juga dinyatakan oleh Kolb (1984) yang menyatakan bahwa belajar matematika merupakan proses dimana pengetahuan berupa hasil belajar yang diciptakan sendiri oleh siswa, sehingga siswa harus aktif berinteraksi dengan lingkungan belajarnya.

Menurut Goldin dalam Nur (2001) matematika ditemukan dan dibangun oleh manusia, sehingga di dalam pembelajaran matematika harus terlebih dahulu dibangun sendiri oleh siswa dan bukan ditanamkan oleh guru. Pembelajaran matematika seharusnya menurut Goldin adalah membantu siswa untuk ‘menemukan’ kembali matematika dengan ‘berbuat’ matematika. Oleh karena itu pembelajaran matematika seharusnya berangkat dari ‘karakteristik asli’ matematika itu sendiri, yaitu merupakan seperangkat alat untuk pemeriksaan, penganalisisan, dan peramalan perilaku sistem dunia nyata. Maka seharusnya pembelajaran matematika haruslah dimulai dari situasi masalah nyata yang dapat mereka bayangkan atau paling sedikit memiliki hubungan dengan dunia nyata. Dunia nyata yang dimkasud dalam hal ini, dapat berupa media pembelajaran, model, atau benda nyata yang dapat dimanipulasi. Konsekuensi logis dari penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika adalah meningkatnya hasil belajar.

PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan hasil temuan penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan di atas maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut; penggunaan pendekatan dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika konsep peluang pada siswa kelas XI IPA MA Mualimat NW Pancor kabupaten Lombok Timur NTB.

Saran
Dari hasil temuan penelitian dapat disarankan hal-hal sebagai berikut; (1) dalam rangka memberdayakan kemampuan bernalar mahasiswa khususnya pada mahasiswa semester awal, para dosen dapat mempertimbangkan untuk menerapkan pendekatan kontekstual dengan kombinasi kooperatif learning, (2) bagi penelitian lebih lanjut agar dapat dilakukan penelitian lanjutan mengenai keefektifan pendekatan kontekstual melalui kooperatif terhadap kemampuan berpikir lainnya seperti kemampuan evaluasi yang nota bene adalah ketrampilan berpikir yang tertinggi menurut taksonomi Bloom. Sehingga dapat memberikan sumbangan yang berharga bagi pengembangan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar